Sehat dan Cantik dengan Rumput Laut

Sehat dan Cantik dengan Rumput Laut
Rumput laut (Codium Fragile) adalah biota laut yang merupakan family dari alga (ganggang). Populasi rumput laut tumbuh di lautan atau disekitar pantai. Solusi sehat dan cantik dengan rumput laut karena dalam rumput laut terkandung berbagai zat-zat yang sangat bermanfaat dan berkhasiat. Rumput laut kaya akan vitamin, asam amino esensial, lemak tak jenuh, mineral dan serat yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan
 
Rumput laut merupakan bahan makanan yang cukup lengkap, kaya vitamin, asam amino esensial, lemak tak jenuh, mineral dan serat sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Utama Rumput Laut:

a) Vitamin
Diantaranya vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B12, vitamin C, vitamin D dan Vitamin K

b) Asam amino esensial
Asam amino bermanfaat memperlancar proses regenerasi sel dalam tubuh dan menjaga kesehatan.

c) Lemak tak jenuh
Antara Lain Omega 3 dan Omega 6

d) Mineral
Antara Lain Kalsium, zat besi, yodium dan lain-lain

e) Serat/ Fiber
Bermanfaat melancarkan kinerja sistem saluran pencernaan.

f) Asam alginat
Berfungsi mencegah dan melindungi tubuh dari logam berat serta radioaktif yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

g) Pigmen (Zat Warna)
Ada tiga macam pigmen alami atau natural pigment yang terdapat pada rumput laut yaitu klorofil, karotenoid dan fikobiliprotein.

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan
Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan
Rumput laut bersifat: antioksidan, anti tumor, anti kanker, anti tumor, anti koagulan, anti viral (virus), anti diabetik, anti alergi dan perlindungan saraf.

Dr. Hoy Mokato Peneliti dari Jepang memaparkan,  ditemukan fakta bahwa rumput laut miliki khasiat yang bermanfaat bagi penderita diabetes.

Hasil Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika, menemukan fakta bahwa wanita premenopause di Jepang berpotensi 3x lebih rendah mengidap kanker payudara dibanding wanita Amerika. Penyebabnya adalah wanita jepang lebih sering mengkonsumsi rumput laut dalam sejumlah menu makanannya.

Budi Cahyono peneliti dari Universitas Brawijaya Malang, menyatakan rumput laut berkhasiat untuk mencegah beberapa penyakit degeneratif, diantaranya  diabetes melitus  dan jantung koroner.

Beberapa khasiat dan manfaat rumput laut untuk kesehatan, diantaranya:

Manfaat rumput laut untuk meringankan penyakit hati
Rumput laut berfungsi sebagai antioksidan untuk pencegahan kerusakan hati dengan memanfaatkan karbon tetraklorida, antiproliferasi, antimicrobial dan antivira.

Manfaat rumput laut untuk anti kanker
Dapat mencegah kanker payudara. Berdasarkan penelitian Harvard School of Public Health, Amerika Serikat, menyimpulkan para wanita premenopause di Jepang berpotensi 3x lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal tersebut karena wanita jepang sering mengkonsumsi rumput laut dalam sejumlah menu makanannya.

Manfaat rumput laut untuk anti tumor
Polisakarida yang terdapat pada rumput laut memiliki sifat imunomodulator yang baik berkaitan dengan efek anti tumor. Peran polisakarida sulfat dari rumput laut sebagai zat anti-neoplastic,  beberapa penelitian membuktikan polisakarida sulfat memiliki aktivitas antiproliferasi pada sel kanker serta menghambat  pertumbuhan tumor.

Manfaat rumput laut untuk pencernaan
Rumput laut sangat baik dan aman dikonsumsi oleh golongan usia anak-anak sampai dengan lansia, mengkonsumsi rumput laut 2 gr/hari secara rutin dapat memperbaiki pencernaan. Resiko kehilangan nutrisi, sumbatan usus dan dehidrasi dapat dihindari karena keseimbangan penyerapan air dan pelepasan air relatif mudah terjadi pada rumput laut dibanding serat dari bahan makanan lainnya.

Manfaat rumput laut untuk asam lambung/ maag
Kandungan klorofil/ zat hijau daun, asam amino dan serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu menstabilkan selaput lendir di lambung. Anti inflamasi pada rumput laut yaitu prostaglandin berperan menjaga dan melindungi dinding lambung dari kadar asam lambung yang berlebihan.

Manfaat rumput laut untuk diet dan membantu mempertahankan berat badan
Rumput laut memiliki kandungan serat tinggi dan rendah kalori sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan, program diet membantu menjaga serta mempertahankan berat badan ideal.

Manfaat rumput laut untuk ibu hamil dan menyusui
Kandungan lemak tak jenuh diantaranya omega 3 dan omega 6 pada rumput laut sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Omega 3 dan omega 6 dibutuhkan untuk memperlancar dan mempermudah proses persalinan, kesehatan saraf, retina, organ reproduksi dan sebagai pembentuk membran jaringan otak janin, memperbanyak asi serta mempertahankan bentuk tubuh pasca melahirkan.

Manfaat rumput laut untuk diabetes
Terdapat kandungan mineral yaitu khromium yang berfungsi membantu kinerja metabolisme insulin sehingga dapat mengurangi dampak negatif akibat resistensi insulin. Dengan demikian rumput laut berkhasiat  mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes melitus.

Manfaat rumput laut untuk mengatasi kolesterol dan jantung koroner
Asupan rumput laut akan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kolesterol jahat (HDL) sehingga dapat mengontrol dan menstabilkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Manfaat rumput laut untuk menncegah kardiovaskular
Sebagai pencegahan kardiovaskular. Sejumlah ilmuwan jepang, menyatakan ektrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah penderita hipertensi. Pada penderita stroke, kelebihan garam pada tubuh dapat diserap/ dikurangi dengan rutin mengkonsumsi mengkonsumsi rumput laut

Manfaat rumput laut untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh
Kandungan karbohidrat dan vitamin B dalam rumput laut bermanfaat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Manfaat rumput laut untuk radang sendi
Rumput laut mengandung gelatin alami yang bermanfaat sebagai pelumas pada  persendian yang dapat mengurangi resiko penyakit radang sendi atau arthritis.

Manfaat rumput laut untuk mencegah osteoporosis
Kandungan kalsium pada rumput laut 10 kali lebih besar dibanding segelas susu, maka mengkonsumsi rumput laut dapat mencegah osteoporosis.

Manfaat rumput laut untuk mengurangi stress
Kandungan asam amino esensial pada rumput laut salah satunya bermanfaat untuk meringankan stress sehingga menjadikan tubuh lebih rileks.


Manfaat Rumput Laut untuk Kecantikan






Manfaat rumput laut untuk rambut
Kandungan asam folat pada rumput laut memperkuat akar rambut dan menyehatkan kulit kepala sehingga dapat mencegah dan mengatasi penipisan rambut/ rambut rontok.

Manfaat rumput laut untuk anti aging/ mencegah penuaan dini
Kandungan asam amino dan asam asparpat pada rumput laut bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen di dalam tubuh, sehingga dapat membantu mencegah serta menghambat timbulnya tanda tanda penuaan dini pada kulit.

Manfaat rumput laut untuk mengatasi flek hitam di wajah
Dapat mengatasi flek hitam di wajah, rumput laut mengandung florotanin yang bermanfaat menghambat melanogenesis serta efek perlindungan terhadap stress fotooksidasi dari radiasi UV-B, menghasilkan kesimpulan bahwa florotannin bermanfaat  memutihkan dan efek perlindungan terhadap UV-B yang memicu kerusakan sel. 

Manfaat rumput laut untuk mengatasi jerawat
Amino acid dan asparpat acid dalam rumput laut bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen sehingga bermanfaat untuk menyembuhan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Mengkonsumsi Rumput Laut

Manfaat rumput laut untuk kesehatan dan kecantikan akan didapat apabila dikonsumsi secara rutin sebagai menu harian. Rumput laut dapat dikonsumsi dalam bentuk segar, kering atau olahan seperti agar-agar dan nutrijel.  Akan tetapi, rumput laut dalam bentuk olahan kehilangan beberapa zat aktif dan vitamin-vitamin pada proses pengolahannya. Namun secara garis besar memiliki manfaat dan khasiat yang hampir sama.

Efek Samping Rumput Laut

Aman dikonsumsi dan tidak terdapat efek samping, baik penggunaan dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

Postingan terkait: