Komplikasi Asam Urat


Komplikasi Asam Urat
Meskipun resiko kematian yang disebabkan penyakit asam urat/gout tergolong rendah bukan berarti penyakit ini dapat diabaikan begitu saja. Hal yang membahayakan bila gout tidak juga kunjung sembuh (stadium lanjut) akan menimbulkan komplikasi penyakit lainnya, seperti hypertensi, batu ginjal, gagal ginjal, jantung koroner dan diabetes melitus.

Sumber utama purin dalam tubuh terdiri dari 2 macam, yaitu purin yang berasal dari makanan dan purin hasil metabolisme DNA tubuh. Purin yang berasal dari makanan merupakan hasil pemecahan nukleoprotein makanan yang dilakukan oleh dinding saluran cerna. Sehingga mengkonsumsi makanan tinggi purin akan meningkatkan kadar asam urat darah yang secara otomatis meningkatkan resiko terjadinya komplikasi asam urat.

Komplikasi asam urat yang umum adalah gagal ginjal, biasanya terjadi pada penderita asam urat akut yang terlambat menangani penyakitnya. Kalau sudah mengalami gagal ginjal menjadi sangat repot karena harus cuci darah paling tidak 2 kali seminggu. Selain biaya tinggi, hidup atau mati penderita gagal ginjal bergantung cuci darah.

Penting untuk diketahui, jika kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal (tinggi), maka akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal karena saringannya akan tersumbat. Tersumbatnya saringan ginjal berdampak munculnya batu ginjal dan akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.

Asam urat pun merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung koroner. Diduga kristal asam urat akan merusak endotel/pembuluh darah koroner. Dengan demikian jika kadar asam urat tinggi upayakan  untuk menurunkannya agar kerusakan tidak menyebar ke organ-organ tubuh lainnya.

Untuk mencegah komplikasi asam urat atur pola makan dan perubahan gaya hidup termasuk menurukan berat badan, pembatasan minuman beralkohol, makanan tinggi purin, dan pengawasan hiperlipidemia serta hipertensi.  

Postingan terkait: