Waspadai Penyakit Sendi


Penyakit Sendi Menahun
Hampir setiap orang pernah merasakan masalah pada bagian persendian. Sebagian kecil disebabkan penyakit spesifik dan sebagian besar disebabkan kesalahan sikap: sikap duduk, sikap tidur, sikap pada saat kerja, olah raga dan sebagainya.

Hal yang dilakukan banyak orang biasanya hanya sebatas melakukan pemijatan untuk menghilangkan rasa sakitnya tanpa melakukan pengobatan dengan benar. Sehingga tanpa disadari rasa sakit yang kita alami jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada persendian.

Sendi merupakan suatu engsel yang membuat anggota tubuh dapat bergerak dengan baik, juga suatu penghubung antara ruas tulang yang satu dengan yang lainnya, sehingga kedua tulang tersebut dapat digerakkan sesuai dengan jenis persendian yang diperantarainya.

Beberapa macam penyakit sendi antara lain :

Osteoarthritis
Penyakit sendi degeneratif merupakan penyakit sendi menahun yang mengakibatkan kerusakan tulang rawan sendi (kartilago) dan dapat menyebabkan nyeri sendi serta kekakuan.

Secara umum penyakit ini terjadi pada golongan usia 60 tahun keatas. Osteoarthritis dapat terjadi baik pada pria maupun wanita, namun pada pria bisa saja terkena pada usia yang lebih muda. Selain itu juga, osteoarthritis bisa terjadi karena faktor genetik, kegemukan, cedera sendi akibat pekerjaan dan olah raga.

Gejala yang sering terjadi pada daerah tulang belakang (nyeri punggung), biasanya terjadi kerusakan sendi di tulang belakang sehingga menyebabkan rasa nyeri dan kekakuan yang sifatnya ringan. Timbul secara bertahap dan pada awalnya hanya mengenai satu atau sedikit sendi saja.

Reumatoid Arthritis
Suatu penyakit autoimun dimana pada bagian persendian secara bersamaan mengalami peradangan, sehingga terjadi pembengkakan, nyeri dan sering kali akhirnya menyebabkan kerusakan pada bagian dalam sendi. Umumnya terjadi pada golongan usia antara 25-50 tahun.

Gejalanya bisa muncul secara tiba-tiba, dimana pada saat yang sama banyak sendi yang mengalami peradangan, jika suatu sendi pada sisi kiri terkena maka sendi yang sama dibagian tubuh kanan juga akan terkena/ meradang. Biasanya gejala yang dirasakan kaku pada persendian dan sekitarnya pada pagi hari yang berlangsung lebih dari 1 jam. Pembengkakan pada sendi (minimal 3 sendi secara bersamaan) misal; pada sendi jari tangan/kaki, pergelangan tangan/kaki atau sendi lutut dan bisa juga disertai dengan demam, lemah serta nafsu makan berkurang.

Arthritis Pirai (Gout)
Suatu penyakit sendi yang ditandai serangan nyeri sendi secara mendadak dan berulang dari arthritis yang sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul didalam sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat didalam darah (hiperurisemia).

Peradangan sendi bersifat menahun (kronis) dan setelah terjadi serangan berulang, sendi bisa menjadi bengkok. Umumnya daerah tubuh yang sering terserang adalah pangkal ibu jari kaki, meskipun demikian bisa terjadi pada persendian lain seperti pergelangan kaki/tangan, lutut, siku atau jari.

Gejala gout dapat datang secara tiba-tiba dan memuncak, biasanya terjadi pada tengah malam atau menjelang pagi. Serangan ini berupa rasa nyeri yang hebat pada sendi yang terkena,mencapai puncaknya dalam waktu 24 jam, perlahan-lahan akan sembuh spontan dan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 14 hari. Masa sakit menjadi lebih panjang bahkan kadang rasa nyerinya berlangsung terus-menerus disertai bengkak dan kaku pada sendi yang sakit.

Postingan terkait: