19 Manfaat Buah Naga Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Manfaat Buah Naga
Buah naga dikenal juga dengan dragon fruit atau pitaya fruit, awalnya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah kemudian menyebar hingga ke negara-negara di Asia termasuk Indonesia. Buah naga merupakan tanaman kaktus dari famili Cactaceae dengan subfamily Cactoidea.  Manfaat buah naga sudah terbukti ampuh untuk mencegah dan mengatasi berbagai persoalan penyakit. 

Meskipun jenisnya berbeda-beda namun khasiat buah naga secara umum sama, dengan rasa manis dan segar umumnya buah naga dikonsumsi dalam bentuk buah segar dan jus sebagai pelepas dahaga, karena kandungan airnya yang sangat tinggi sekitar hampir 90 persen dari berat buah.

Buah naga terdiri dari 4 macam:
  • Hylocereus Undatus: buah naga yang memiliki kulit merah dan daging buah putih, jenis inilah yang banyak ditanam dan dikonsumsi masyarakat Indonesia dan khasiat buah naga sudah terbukti dan semakin digemari masyarakat karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
  • Hylocereus Polyrhizus: memiliki warna kulit pink atau merah muda, sedangkan daging buahnya berwarna merah.
  • Selenicereus Megalanthus: kulitnya berwarna agak kuning dan daging buahnya berwarna putih.
  • Hylocereus Costaricensis: buah naga yang memiliki kulit dan daging buah berwarna merah pekat.
Berdasarkan hasil  penelitian kandungan nutrisi dalam 100 mg buah naga merah dan putih masak segar adalah 0,229 gram protein; 0,61 gram lemak; 6,3 gram kalsium; 36,1 mg fosfor; 11,5 gram karbohidrat; 0,28 mg vitamin B1; 0,045 mg vitamin B2; 0,43 mg vitamin B3; 9 mg vitamin C. serat 0,7-0,9 gram dan air 83 gram.

19 Manfaat Buah Naga untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

#1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Buah naga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C, protein dan potassium yang cukup tinggi yang mana bermanfaat dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

#2. Meningkatkan Energi
Buah Naga dipercaya dapat meningkatkan energi didalam tubuh kita, karena buah naga juga banyak mengandung vitamin b1 yang berfungsi mempercepat pembentukkan karbohidrat.

#3. Membantu Sistem Kerja Syaraf
Kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga berfungsi untuk membantu system kerja syaraf.

#4. Menambah Nafsu Makan
Buah naga juga merupakan sumber dari kandungan vitamin B12 yang mampu meningkatkan nafsu makan terutama untuk anak-anak.

#5. Mencegah Kanker
Buah naga diteliti mengandung senyawa antioksidan phytoalbumin yang cukup tinggi. Manfaat antioksidan menangkal radikal bebas karsinogenik yang menjadi penyebab kerusakan sel/ pertumbuhan kanker sehingga mengkonsumsi buah naga secara teratur sangat efektif untuk mencegah serta mengurangi resiko terjadinya kanker payudara, kanker serviks dan kanker-kanker lainnya.

#6. Regenerasi Sel
Buah Naga banyak mengandung protei, flavonoid, polifenol dan kandungan nutrisi lainnya yang berfungsi untuk membentuk dan meregenerasi sel, mempercepat pembentukan sel-sel dan jaringan baru pada tubuh.

#7. Mencegah Anemia
Setiap 100 gram buah naga segar diketahui mengandung 0,55 zat besi. Zat besi akan diolah tubuh untuk membentuk sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia. Kandungan vitamin C yang tinggi juga berfungsi meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi menjadi lebih optimal.

#8. Menurunkan Tekanan Darah
Tekanan darah tinggi atau hipertensi disebabkan adanya penyumbatan arteri di dalam tubuh. Mengonsumsi buah naga secara teratur dapat membantu melancarkan aliran darah yang mampu menurunkan resiko hipertensi.

#9. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Buah naga mempunyai khasiat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kandungan kalium nya pun tinggi yang mana kalium diyakini mampu melebarkan pembuluh darah, sehingga membuat kinerja jantung lebih ringan dalam mendistribusikan darah keseluruh tubuh. Selain itu terdapat kandungan Phytochemical Captin pada buah naga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pengobatan  jantung secara alami

#10. Menyembuhkan Asam Urat
Asam urat (gout) terjadi karena gangguan  fungsi liver, sehingga menyebabkan penumpukan purin pada sendi.  Mengkonsumsi buah naga dapat membantu mengurai serta membuang kadar purin yang berlebihan sehingga sangat membantu penyembuhan penyakit asam urat.

#11. Mencegah dan Mengurangi Resiko Diabetes
Kandungan  serat dalam buah naga sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk mencegah dan mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit diabetes melitus, terutama diabetes tipe 2.

#12. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang
Buah naga menurut FAO, mengandung kalsium dan fosfor yang cukup tinggi. Kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga tidak hanya berkhasiat bagi tulang saja namun berkhasiat juga untuk merawat kesehatan gigi.

#13. Menjaga Kesehatan Mata
Buah naga efektif untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung beta-karoten yang sangat tinggi serta bermanfaat  untuk merawat kesehatan mata secara alami dan mencegah degenerasi makula.

#14. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Terdapat zat flavonoid, polifenol dan kandungan nutrisi lainnya pada buah naga yang berperan mempercepat proses penyembuhan luka, mempercepat pembentukan sel-sel dan jaringan baru pada area tubuh yang mengalami luka.

#15. Menurunkan Kolesterol
Buah naga mengandung serat yang cukup banyak, mencapai 0,7 s.d 0,9 gram  per 100 gram. Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Di dalam saluran pencernaan serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan bersama feses. Semakin tinggi konsumsi serat, semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh.
Kandungan vitamin B3 pada buah naga juga tinggi yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

#16. Baik untuk Diet
Buah naga kaya dengan nutrisi yang dapat membantu memenuhi asupan gizi harian selama diet. Menurut para ahli gizi, buah naga mengandung protein tinggi namun rendah lemak dan karbohidrat, serat yang tinggi  dan kalori rendah yang dapat membantu menurunkan berat badan. Serat akan membantu memperlancar pencernaan, membantu penyerapan nutrisi makanan lebih optimal.

#17. Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui serta Janin
Buah naga mengandung asam folat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin agar tetap sehat serta efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin dalam kandungan. Dan mampu meningkatkan produksi ASI.

#18. Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan vitamin B1 dan serat terlarut yang cukup tinggi bermanfaat melancarkan sistem pencernaan. Mengatasi masalah konstipati (sembelit), disentri dan diare.

#19. Detoksifikasi
Racun masuk kedalam tubuh sebagian besar melalui makanan. Makanan yang dikonsumsi mengandung zat-zat kimia berbahaya diantarnya zat pengawet, zat perasa, zat pewarna, pemanis buatan dan lain-lain. Zat-zat berbahaya tersebut terdeposit di dalam tubuh dan menyebabkan ph tubuh menjadi acid (asam), hal ini menyebabkan system kekebalan tubuh menurun dan rentan mengidap penyakit. 

Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat membantu mengcleansing dan menetralkan racun-racun dalam tubuh, sehingga ph tubuh menjadi alkalis serta daya tahan tubuh terhadap penyakit menjadi lebih kuat.

Berbagai manfaat buah naga akan maksimal jika dikonsumsi dengan rutin, baik secara langsung maupun  dibuat jus seperti buah-buahan lainnya. Kandungan nutrisi buah naga cukup lengkap dan sangat bermanfaat. Nikmati rasa dan kesegaran buah naga sekaligus memetik manfaat buah naga sebagai solusi sehat secara alami.

Postingan terkait: