Pengobatan Alternatif, Hypnotherapy


Manfaat Hipnoterapi
Pengobatan alternatif kini semakin beragam sebagai bagian dari kebutuhan masyarakat modern terhadap therapy yang aman, alami, ilmiah dan tanpa efek samping. Dari sekian banyak teknik pengobatan alternatif yang aman, salah satu diantaranya adalah terapi hipnosis (hipnotherapy) yaitu teknik penyembuhan melalui terapi pikiran.

Hipnosis/hipnotisme merupakan suatu seni komunikasi dan sugesti yang dapat mempengaruhi alam bawah sadar secara efektif. Karena terkadang berdampak sangat ekstrim maka kalangan awam sering kali mengkaitkannya dengan sesuatu yang bersifat magic, klenik atau mistik, padahal sama sekali tidak berkaitan dengan hal-hal seperti itu.

Sejak ribuan tahun yang silam secara tradisional hypnosis sudah dikenal sebagai solusi penyembuhan alternatif. Pada abad ke 18 seorang ilmuan dari Austria Dr.Franz Anton Mesmer mulai menggali potensi hypnosis melalui pendekatan ilmu pengetahuan. Kemudian dilanjutkan oleh para ilmuan generasi berikutnya, termasuk Sigmun Freud yang dikenal sebagai tokoh peletak dasar-dasar ilmu kejiwaan.

Selanjutnya proses penelitian dan pengembangan dilakukan oleh Dr.Milton Erickson sebagai salah satu tokoh utama Modern Clinical Hipnotherapy, sehingga sekarang hipnotherapy menjadi salah satu cabang ilmu pengetahuan dan telah menunjukkan keberadaannya seiring dengan semakin meningkatnya penerimaan pada dunia medis.

Seseorang menderita suatu penyakit diawali dari ketidak seimbangan antara fisik dan mentalnya. Hipnotherapy berfungsi untuk menselaraskan kembali antara bawah sadar dan kesadaran agar sejalan/seimbang, sehingga sangat bermanfaat dalam membantu proses penyembuhan penyakit, baik medis maupun psikis.

Hipnotherapy sangat efektif dijadikan therapy alternatif untuk penyembuhan penyakit, diantaranya: insomnia, stress, depresi, phobia, obesitas, gangguan sexual serta dapat membantu menghilangkan bad habit seperti kecanduan narkoba, rokok dan alkohol.

Untuk kasus-kasus penyakit mental, perilaku serta kebiasaan buruk, hipnotherapy sangat efektif dan dapat dijadikan terapy utama.

Bahkan hipnotherapy dapat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit-penyakit berat misalnya kanker, jantung serta penyakit lainnya. Pada kasus tertentu hipnotherapy belum menjadi alternatif dari suatu pengobatan tetapi merupakan supplement dari pengobatan. Artinya masih dibutuhkan terapi lain baik medis/alternatif dan hipnotherapy membantu memperbaiki kondisi penderita secara mental untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Tingkat keberhasilan dari hypnotherapy terhadap keluhan pasient berkisar antara 70 – 80 %, dengan catatan harus ada kerja sama yang baik antara pasient dengan seorang therapys. Maksudnya klien/pasient harus mau megikuti saran dan anjuran dari hipnotherapisnya agar mendapatkan hasil yang optimal.

Hipnotherapy berbeda dengan hipnosis untuk pertunjukkan (stage hypnosis), maka seorang ahli hipnosis belum tentu seorang terapis. Sebagai saran jika ingin menggunakan hipnotherapy baik untuk terapi utama atau tambahan, pastikan anda datang ke seorang ahli hipnosis yang juga sekaligus terapis dan sebaiknya datang ke klinik hipnotherapy yang benar-benar kredibel.

Postingan terkait: