Kiat Mencegah Tekanan Darah Tinggi


Mencegah Hipertensi
Tidak diragukan lagi banyak obat-obatan dan sejumlah perawatan yang tersedia untuk pengobatan tekanan darah tinggi. Namun sebagaimana dikatakan, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi kita harus mempertimbangkan serta mengikuti aturan yang dianjurkan agar dapat  mencegah tekanan darah tinggi.

Tekanan darah berbanding lurus dengan berat badan, tetapi bukan berarti jika berat badan meningkatkan tekanan darah juga meningkat. Orang yang kelebihan berat badan memiliki peningkatan risiko tekanan darah tinggi/hipertensi, penyakit jantung dan penyakit lain. Menurunkan berat badan akan mengurangi risiko, berat badan yang ideal dapat membantu Anda lebih aktif dan menurunkan resiko tekanan darah serta penyakit lainnya.

Walaupun anda kelebihan berat badan tetap masih dapat mencegah dan mengontrol tekanan darah, tidak ada masalah hanya tinggal menurunkan berat badan maka akan sangat membantu untuk menurunkan resiko.

Agar dapat menurunkan berat badan, asupan kalori yang dikonsumsi sehari-hari harus sesuai dengan program penurunan berat badan. Mengkonsumsi 300-500 kalori per hari, dapat menurunkan berat badan antara satu sampai dua kilogram per minggu, ini adalah penurunan berat badan yang sehat dan realistis.

Jika benar-benar ingin menurunkan berat badan maka kita harus meningkatkan aktifitas fisik. Aktif mengendalikan berat badan 10 kali dengan makan lebih sedikit dari biasanya. Selain menurunkan berat badan, ada alasan lain untuk lebih aktif: Menjadi aktif secara fisik dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol total saat kadar HDL-kolesterol tinggi, serta dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Orang yang aktif secara fisik mempunyai resiko lebih rendah mengidap tekanan darah tinggi (20% sampai 50% lebih rendah) daripada orang-orang yang tidak aktif. Dengan demikian aktif secara fisik sangat membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Lakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari seperti berenang atau berjalan. Jika Anda merasa tidak memiliki waktu 30 menit untuk berolahraga, cobalah untuk menemukan dua periode 15 menit atau bahkan tiga periode 10-menit. Cobalah untuk melakukan beberapa jenis aktivitas aerobik selama seminggu atau mencoba jalan pagi. Latihan-latihan ini dapat memperbaiki kondisi jantung dan paru-paru serta dapat mencegah Anda dari penyakit.

Kebanyakan orang tidak perlu ke dokter sebelum mereka mulai berolahraga. Karena secara bertahap, program latihan/olahraga yang masuk akal sangat membantu menurunkan resiko atau mencegah tekanan darah tinggi. Tetapi jika sudah terjadi masalah kesehatan seperti, penyakit jantung, tekanan darah atau lainnya terlebih dahulu harus berkonsultasi dengan dokter. Dokter atau ahli kesehatan lainnya dapat membantu menetapkan tujuan yang masuk akal berdasarkan berat badan yang tepat untuk tinggi badan Anda.

Laki-laki dan perempuan sangat aktif mungkin memerlukan hingga 2.500 kalori setiap hari. Perempuan dan laki-laki tidak aktif hanya memerlukan sekitar 2.000 kalori per hari. Sebuah rencana yang aman adalah makan 300-500 lebih sedikit kalori per hari untuk menurunkan berat badan 1-2 kilogram per minggu agar dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Postingan terkait: